April 5, 2017

Trademark

Service Trademark

  1. konsultasi mengenai hak kekayaan intelektual di indonesia dan di negara – negara lain
  2. pendaftaran merek dagang / jasa di indonesia
  3. perpanjangan merek dagang / jasa di indonesia
  4. pendaftaran merek dagang / jasa di negara – negara lain (lebih dari 180 negara)
  5. perpanjangan merek dagang / jasa di negara – negara lain (lebih dari 180 negara)
  6. masalah – masalah yang berkaitan dengan pelanggaran merek dagang / jasa di indonesia dan negara-negara lain
  7. masalah – masalah lain yang terkait dengan merek dagang dan jasa di indonesia dan negara – negara lain

Peraturan Perundangan di Indonesia : UU Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis.

Trademark adalah merek yang dapat dilindungi terdiri atas tanda berupa gambar, logo, nama, kata, huruf,angka, susunan warna, dalam bentuk 2( dua) dimensi dan/atau 3(tiga) dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari 2(dua) atau lebih unsur tersebut yang membedakan barang dan/atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan jasa.

Saat ini ada merek jenis non-tradisonal yang dapat didasarkan di indonesia dan negaranegara lain , yaitu berupa merek suara , merek 3(tiga) dimensi, merek gerakan/animasi,
merek hologram, merek scent/aroma .


JENIS-JENIS BARANG DAN JASA UNTUK MEREK DAGANG JASA

Kelas barang dan jasa

Seluruh jenis usaha dibidang barang dan jasa di indonesia dan dunia ada di dalam daftar kelas barang dan jasa, karena indonesia menggunakan system klasifikasi dari wipo edisi 11 tahun 2017 . Selengkapnya dapat dilihat di http://web2.wipo.int/classifications/nice/nicepub/en/fr/edition-20170101/taxonomy/ atau di website indonesia : www.dgip.go.id

Kelas dan jenis barang dan jasa tersebut dibawah adalah uraian heading singkat untuk pengetahuan umum saja. untuk masalah permohonan dan pendaftaran merek harus dilihat yang  lebih lengkap dan detail. untuk keterangan lebih lanjut dan kunsultasi  silahkan hubungi kami.

Kelas 1

Bahan kimia yang digunakan dalam industri, ilmu pengetahuan dan fotografi, maupun dalam pertanian hortikultura dan kehutanan: damar buatan yang belum diproses, plastik yang belum diproses; pupuk, komposisi pemadam kebakaran: sediaan-sediaan mengeraskan dan memateri: zat kimia untuk mengawetkan bahan makanan: zat penyamakan; bahan perekat yang digunakan dalam industri.”

Kelas 2

Cat, pernis, lak; bahan pencegah karatan dan kelapukan kayu; bahan warna; bahan penyering; damar yang belum dioleh; logam dalam bentuk daun atau bubuk untuk keperluan melukis, dekorasi, mencetak untuk para airtis

Kelas 3

Sediaan-sediaan untuk memutihkan dan mencuci; sediaan-sediaan untuk membersihkan, mengkilatkan, membuang lemak; sabun, wangi-wangian, minyak sari, kosmetik, minyak rambut; bahan-bahan pemeliharaan gigi

Kelas 4

Minyak dan lemak untuk industri; bahan pelumur; zat untuk mengisap, membasahi dan mengikat debu, bahan bakar (termasik minyak sari untuk motor) dan bahan penerangan; lilin, sumbu

Kelas 5

Sediaan farmasi dan kedokteran hewan, ilmu kebersihan untuk keperluan medis; zat makanan pantangan untuk diadaptasi untuk penggunaan medis dan kedokteran hewan, makanan bayi; suplemen pantangan untuk manusia dan hewan; plester, bahan pembalut; bahan untuk menambal gigi; pembuat gigi buatan; pembasi kuman; sediaan untuk membasmi binatang perusak; bahan pembasmi jamur; bahan pembasmi rumput liar.

Kelas 6

Logam biasa dan campurannya; logam bahan bangunan; bangunan diangkut dari logam; bahan dari logam untuk rel kereta api; kabel non-listrik dan kabel dari logam biasa; barang besi, benda-benda kecil dari hardware logam; pipa dan tabung dari logam; brankas; barang dari logam biasa tidak termasuk dalam kelas-kelas lain; bijih.

 Kelas 7

Mesin dan mesin perkakas; motor dan mesin (kecuali untuk kendaraan darat); Kopling mesin dan komponen transmisi (kecuali untuk kendaraan darat); alat pertanian selain yang dioperasikan secara manual;alat pengeram

Kelas 8

Perkakas dan alat tangan (dioperasikan secara manual); pisau; pedang; pisau cukur.

Kelas 9

Pesawat dan perkakas ilmu pengetahuan, pelayaran, penelitian, listrik, potret, kinematografi, timbang, ukur, sinyal, pengawasan (pemeriksaan), pertolongan dan pendidikan, pesawat dan perkakas untuk melaksanakan, menukar, menjelmakan, mengumpulkan, mengatur atau mengontrol listrik; perkakas untuk merekan transmisi atau reproduksi suara tau gambar; pembawa data magnetic, cakram perekam; CD, DVD dan media merekam digital

Kelas 10

Perkakas dan pesawat pembedahan, pengobatan, kedokteran, kedokteran gigi dan kedokteran hewan, lengan mata dan gigi palsu, barang-barang ortopedi, bahan-bahan benang bedah

Kelas 11

Instalasi penerangan, pemanasan, penghasilan uap, pemasangan, pendinginan, pengeringan, penyegaran udara pembagian air dan instalsi kesehatan.

 Kelas 12

Kendaraan; alat untuk bergerak di darat, udara atau air.

Kelas 13

Senjata api; amunisi dan proyektil; bahan peledak; kembang api.

Kelas 14

Logam mulia dan campurannya dan benda-benda yang dibuat dari bahan-bahan itu atau disepuh dengan bahan- bahan itu, tidak termasuk dalam kelas lain; perhiasan; batu berharga; jam dan pesawat pengukur waktu.

Kelas 15

Alat-alat Musik

Kelas 16

Kertas, karton dan barang-barang terbuat dari bahan-bahan ini, tidak termasuk dalam kelas lain; barang cetakan, alat menjilid buku; alat tulis menulis; bahan perekat untuk keperluan tulis menulis atau rumah tangga; alat untuk kesenian, kuas untuk melukis; mesin tulis dan alat-alat kantor (kecuali perabot) alat-alat pendidikan dan pengajaran (kecuali perkakas); bahan-bahan plastik untuk kemasan (tidak termasuk dalam kelas lain); kartu main; huruf-huruf cetak; blok-blok cetak.

Kelas 17

Karet, getah perca, getah, asbes, mika dan barang dari bahan-bahan itu dan tidak termasuk dalam kelas lain; plastik dalam bentuk menonjol untuk digunakan dalam manufaktur; bahan-bahan yang dipakai untuk pengemasan, merapatkan dan untuk menyekat; tabung lentur bukan dari logam.

Kelas 18

Kulit dan kulit imitasi dan barang-barang dari bahan-bahan ini dan tidak termasuk dalam kelas lain; kulit binatang, kulit halus; koper dan tas, payung hujan, payu matahari dan tongkat; cambuk, pakaian kuda dan pelana.

 Kelas 19

Bahan bagunan (bukan logam); pipa kaku bukan logam untuk bangunan; aspal, pek dan bitumen; bangunan yang dapat dipindahkan bukan dari logam; monuimen, bukan dari logam.

Kelas 20

Perabot rumah, kaca, bingkai; benda-benda (tidak termasuk dalam kelas lain) dari kayu, gabus, rumput, bambu, rotan, tanduk, tulang, gading, tulang ikan paus, kerang, amber, kulit mutiara, selloid dan dari bahan-bahan penggantinya, atau dari plastik.

Kelas 21

Perkakas rumah tangga atau dapur dan wadah kecil (bukan dari logam mulia atau bukan sepuhan logam mulia); sisir dan bunga karang; sikat (kecuali kuas melukis); bahan-bahan pembuatan sikat; perkakas dan alat untuk membersihkan; kulit besi untuk menggosok; kaca yang belum dikerjakan atau dikerjakan sebagian (kecuali kaca yang digunakan dalam gedung ); barang pecah belah, porselin dan barang-barang tembikar tidak termasuk dalam kelas lain.

Kelas 22

Tampar, tali, jala, renda, kere, kain terpal, layar, kantong, karung (tidak termasuk dalam kelas lain); bahan-bahan pengisi (kecuali dari karet atau plastik); serat kasar untuk pertenunan.

Kelas 23

Benang untuk tekstil

 Kelas 24

Tekstil dan barang-barang tekstil tidak termasuk dalam kelas lain; sepre dan taplak meja.

 Kelas 25

Pakaian, alas kaki, tutup kepala.

 Kelas 26

Kerawang dan sulaman, pita dan tali sepatu; kancing, kancing tekan, kait dan mata kait, peniti dan jarum; bunga buatan.

Kelas 27

Permadani, tikar, lanoleum dan bahan-bahan lain yang dipakai sebagai alas lantai; alat-alat dinding (kecuali tenunan)

Kelas 28

Permainan serta alat-alatnya; alat-alat senam dan oari raga tidak termasuk dalam keas aui; perhiasan untuk pohon natal

Kelas 29

Daging, ikan,unggas dan binatang buruan; sari daging; buah-buahan serta sayur-sayuran yang diawetkan, dibekukan, dikeringkan dan dimask; jeli, sele, saus buah-buahan; telur, susu dan produk susu; minyak dan lemak yang dapat dimakan.

Kelas 30

Kopi, teh, kakao, gula, beras, tapioka, sagu, bahan pengganti kopi; tepung dan sediaan terbuat dari gandum, roti, kueh dan kembang gula, es konsumsi; madu, sirup; ragi, bubuk untuk membuat roti; garam, mostar, cuka, saos; rempah-rempah; es.

Kelas 31

Padi-padian dan hasil-hasil pertanian, perkebunan, kehutanan dan jenis gandum yang tidak termasuk dalam kelas lain; hewan hidup; buah-buahan dan sayur-sayuran segar; benih-benih, tanaman dan bunga hidup; makanan untuk hewan, biji-bijian berkecambah untuk membuat bir.

Kelas 32

Bir; air mineral dan air soda dan minuman lain yang tidak beralkohol; minuman dan jus buah-buahan; sirop dan sediaan lain untuk membuat minuman.

Kelas 33

Minuman beralkohol (kecuali bir)

Kelas 34

Tembakau; barang-barang keperluan perokok; geretan

Kelas 35

Periklanan; manajemen usaha; administrasi usaha; fungsi kantor

Kelas 36

Asuransi; urusan keuangan; urusan moneter; urusan real estate

Kelas 37

Konstruksi bangunan; perbaikan; jasa instalasi

 Kelas 38

Telekomunikasi

Kelas 39

Transportasi; pengemasan dan penyimpanan barang; pengaturan perjalanan

Kelas 40

Penanganan material

Kelas 41

Pendidikan; penyediaan latihan; hiburan; kegiatan olah raga dan kesenian

Kelas 42

Jasa penelitian dan tehnologi dan penelitian dan perancangn yang berhubungan dengannya; jasa penelitian dan analisis industri; perancangan dan pengembangan perangkat keras dan perangkat lunak komputer

Kelas 43

Jasa untuk menyediakan makanan dan minuman; akomodasi sementara

Kelas 44

Jasa medis; Jasa kehewanan; Perawatan kesehatan dan kecantikan untuk manusia atau hewan; Jasa pertanian, hortikultura dan hutan

Kelas 45

Jasa hukum; jasa keamanan untuk perlindungan bangunan dan individu


Alur pendaftaran

PENJELASAN LEBIH LANJUT DAN KONSULTASI SILAHKAN HUBUNGI KAMI